SOCIAL MEDIA



Sore boys and girls, lama ga posting kali ini saya akan membagikan artikel dengan metode Deduktif yang berjudul SOCIAL MEDIA. So buat kalian yang ingin mencari contoh artikel deduktif maupun sekedar mencari contoh artikel semoga artikel ini bisa membantu.

Semakin berkembangnya teknologi saat ini maka semakin memprihatinkan pula melihat sikap dan perilaku manusia. Di era globalisasi ini kita terlalu bergantung dengan yang namanya internet, tak terkecuali untuk orang dewasa, sejak dini pun banyak orang tua yang memperkenalkan teknologi internet agar sang buah hati tidak ketinggalan zaman. Teknologi internet bukan hanya menyita separuh hidup manusia lagi melainkan hampir seluruh hidup manusia terkendali oleh teknologi, mulai dari bisnis, entertain, edukasi, dan lainnya. Dari sekian model teknologi yang ada pada internet ada satu yang akan kita kupas dan paling menyita waktu dibandingkan dengan entertain seperti bermain games, yaitu sosial media atau media sosial.

Secara umum sosial media atau media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya yang bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Namun dalam hal ini tak lepas dari sisi positif dan negatif, yaitu :

Sisi positif :
a.      Mempermudah tali silahturahmi baik untuk keluarga, kerabat, maupun rekan-rekan lainnya.
b.      Mempercepat penyampaian informasi secara global.
c.       Menciptakan usaha-usaha dalam berbagai bidang
d.      Menyalurkan bakat dan kreativitas
e.      Media pertukaran data dan pengetahuan dan sebagainya.

Sisi negatif :
a.      Menciptakan individualisme yang anti social
b.      Ketergantungan berlebihan untuk selalu up to date
c.       Menimbulkan kejahatan dunia maya
d.      Menciptakan manusia yang serba instant
e.      Merajalelanya situs-situs pornografi dan sebagainya

Sosial media merupakan terobosan yang bagus di bidang teknologi internet, namun semua yang telah di hadirkan tetap memiliki nilai positif dan negatifnya, semua kembali kepada penggunanya apakah ingin memberikan kontribusi positif atau negatif kepada social media itu sendiri.

Referensi :

0 komentar: