PARADIGMA

Siang boys and girls, mungkin secara umum kita semua tahu apa itu paradigma, tapi kali ini kita akan kupas materi bahasa indonesia tentang apa sesungguhnya paradigma itu. So langsung aja dibaca dan dipahami ya guys.

Secara umum kata paradigma sendiri berasal dari abad pertengahan di Inggris yang merupakan kata serapan dari bahasa latin pada tahun 1483 yaitu paradigma yang berarti suatu model atau pola dan bahasa Yunani paradeigma (para deiknunai) yang berarti untuk "membandingkan", "bersebelahan" (para) dan memperlihatkan (deik).

PARADIGMA
Namun menurut saya secara mendalam arti dari Paradigma adalah suatu pandangan, asumsi atau anggapan dasar yang memiliki nilai subjektivitas, objektivitas dan lokalitas tentang suatu model dengan meneliti atau mengkaji konsep-konsep pokok model tersebut menggunakan metode penelitian dan metode analisis sehingga memiliki hasil atau teori tersendiri.

Dari pengertian diatas, paradigma memiliki beberapa unsur yang dapat kita kupas lebih jauh mendalam, berikut ini merupakan unsur-unsur dari sebuah paradigma :

1. Asumsi / Anggapan Dasar 
Asumsi adalah kepercayaan, anggapan, gagasan, dugaan atau pemikiran dasar yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang mengenai suatu subjek. Asumsi merupakan langkah awal untuk menentukan tindakan atau pengambilan keputusan yang ada.

2. Nilai (Subjektivitas, Objektivitas, Lokalitas)
a. Subjektivitas
Merupakan gambaran dari suatu peristiwa yang sudah terjadi berdasarkan pandangan seseorang yang dipengaruhi oleh nilai-nilai yang melingkupinya. Dengan kata lain subjektivitas sangat dipengaruhi oleh penilaian individu sehingga berbeda satu dengan yang lainnya.
b. Objektivitas
Merupakan adalah suatu sikap yang mengusahakan untuk memperoleh suatu kebenaran yang apa adanya mengenai objek yang diamati oleh manusia tanpa melibatkan perasaan atau tafsiran terhadap objek tersebut. Dengan kata lain objektivitas tidak mempengaruhi penilaian individu maupun kelompok antara satu dengan yang lainnya.
c. Lokalitas
Secara etimologis berasal dari kata Latin, locus (untuk pluralnya ditulis loci) yang berarti tempat, posisi atau sesuatu yang menunjuk pada bagian yang lebih spesifik. Dalam paradigma lokalitas sangat berpengaruh, contohnya jika dalam bahasa indonesia membersihkan badan adalah mandi, dalam bahasa jawa mandi dikenal dengan sebutan adus.

3. Model
Model merupakan suatu pola, contoh, acuan, atau ragam dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Model ini juga berpengaruh terhadap paradigma sebagai acuan dasar yang memiliki sebuah nilai.

 4. Meneliti atau Mengkaji
Meneliti dan mengkaji merupakan hal yang berbeda namun keterkaitan mereka sangat erat satu sama lain. Meneliti merupakan suatu kegiatan memeriksa, mencari, menyelidiki dengan cermat untuk mendapatkan hasil sehingga dapat dikaji. Sedangkan mengkaji merupakan memikirkan, mempertimbangkan dan menguji hasil dari sebuah penelitian.

5. Konsep-konsep Pokok
Konsep diartikan sebagai suatu abstraksi, entitas yang bersifat universal dari ciri-ciri sesuatu yang memungkinkan manusia untuk berpikir. Konsep pokok berarti konsep yang memiliki peranan besar dan diutamakan.

6. Metode Penelitian
Metode penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, analisis teoritis mengenai suatu cara dan prosedur yang digunakan untuk memahami, mencari untuk mendapatkan suatu hasil. Metode penelitian dikelompokan menjadi 2, yaitu :
a. Metode penelitian kualitatif
Adalah metode penelitian yang berkaitan dengan fakta dan realita akan sesuatu.
b. Metode penelitian kuantitatif
Adalah metode penelitian yang berkaitan dengan data dan informasi yang ada.

7. Metode Analisis
Merupakan bagian dari metode penelitian dimana fungsinya untuk mengakui kebenaran yang telah ditemukan dari metode penelitian.

8. Hasil Analisis
Hasil analisis merupakan nilai, teori, pengakuan yang telah ditetapkan berdasarkan metode-metode penelitian dalam menggambarkan suatu subjek atau objek.

KESIMPULAN
Dari pengertian-pegertian diatas dapat kita rangkum bahwa paradigma merupakan pandangan seseorang yang didasari oleh unsur-unsur paradigma sehingga menghasilkan pengertian yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca.


Sumber :

0 komentar: