ILMU PENGETAHUAN BAHASA



Selamat pagi boys and girls, pagi ini saya akan share tentang arti dari kata Ilmu, Pengetahuan dan Bahasa yang sudah saya dapatkan dari kelas B. Indonesia. Jadi sumber pada tulisan kali ini benar-benar berdasarkan catatan dan penjabaran pribadi.

So langsung saja, semoga bermanfaat untuk keperluan tugas maupun pengetahuan pembaca.

Ilmu Pengetahuan dan Bahasa
 
A.  ILMU
 Ilmu adalah suatu hal teoritis (dasar dari semua teori-teori yang ada untuk dijadikan sebagai landasan atau tindakan) yang dapat dipelajari, diteliti dengan metode ontologi (hakikat teori yang membahas tentang realita atau kebenaran), epistemologi (bagaimana cara memperoleh pengetahuan dari ilmu tersebut) dan aksiologi (Guna dan fungsi dari pengetahuan tersebut). Ilmu bersifat dinamis (dapat berubah seiring perkembangan zaman) dan abstrak (universal) sehingga dapat memunculkan hipotesa , sintesa dan antitesa baru.


B.  PENGETAHUAN 
Pengetahuan adalah suatu ilmu yang telah dipelajari dengan sifat statis (tidak berubah), konkrit (nyata), aplikatif (dapat diterapkan) dan diketahui oleh panca indra. Pengetahuan juga tak lepas dari pengalaman dimana pengalaman yang dimaksud adalah kebiasaan dalam mengenal pengetahuan tersebut dari pandangan umumnya.


C.  BAHASA
Bahasa secara umum bahasa adalah alat komunikasi dan informasi. Namun secara ilmiah bahasa adalah titik pemisah antara masa pra-peradaban dengan masa peradaban, atau dengan kata lain bahasa adalah masa sebelum adanya kebudayaan dengan beragam kebudayaan saat ini. Masa pra-peradaban atau sebelum adanya kebudayaan merupakan masa dimana untuk berkomunikasi masih menggunakan simbol – simbol atau gambar.

2 komentar:

  1. hello bro ijin copas ya buat digunakan materinya, tenang sumbernya dicantumkan kok :D

    BalasHapus