Penalaran Deduktif

Siang guys and gals, kali ini gue mau share tentang penalaran deduktif. Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya tentang penalaran induktif. Bagi kalian yang belum baca postingan sebelumnya silahkan baca INDUKTIF.

PENGERTIAN UMUM DEDUKTIF


Seperti penjelasan gambar diatas, penalaran induktif :
Adalah penalaran dimana argumen yang mendasarkan kesimpulannya dengan pasti mengikuti premis-premis yang ada. Atau bahasa gaulnya mah (Necessarily Follows The Premisses)

PENGERTIAN PENALARAN DEDUKTIF

Penalaran deduktif adalah proses pembuktian suatu kesimpulan dari satu atau beberapa pernyataan. Kesimpulan yang terbukti benar berdasarkan penalaran deduktif disebut teorema.

Penalaran deduktif adalah penalaran dari suatu fakta yang umum ke fakta yang spesifik. Dengan kata lain, penalaran deduktif mencapai suatu kesimpulan spesifik berdasarkan suatu hal yang umum.

CONTOH PENGGUNAAN DEDUKTIF


Hasil kesimpulan dari contoh diatas berlaku mutlak untuk setiap manusia. Coba bandingkan dengan contoh Induktif, akan terlihat perbedaan antara mutlak dan tidak mutlak pada kesimpulannya.

KESIMPULAN DEDUKTIF

Dari penjelasang singkat dan teori diatas maka dapat kita simpulkan penalaran deduktif mengambil kesimpulan berdasarkan teori/prinsip umum dan kesimpulannya bersifat pasti.

0 komentar: