Penalaran Induktif

Siang guys and gals, kali ini gue sebagai admin blog FF Present akan memberikan sedikit pencerahan untuk anak bahasa mengenai penalaran induktif.
:v hahaha kidding.

Mungkin bagi kalian para master di bidang bahasa indonesia sangatlah paham dan mengerti sepenuhnya tentang penalaran induktif, tapi lagi dan lagi gue akan coba memberikan sedikit ringkasan pengertian penalaran induktif. So check it out semoga postingan kali ini bermanfaat.


PENGERTIAN UMUM
Dari gambar diatas mungkin kalian sudah mengerti dan dapat menyimpulkan sendiri yaa, so apa sih penalaran induktif sesungguhnya ?

INDUKTIF
Adalah penalaran dimana argumen yang mendasarkan kesimpulannya kemungkinan mengikuti premis-premis yang ada. Atau bahasa gaulnya mah (Probably Follows The Premisses).

PENGERTIAN PENALARAN
Penalaran induktif adalah suatu proses mencapai kesimpulan umum berdasarkan dari observasi contoh‐contoh khusus. 

Penalaran induktif adalah tipe penalaran yang berawal dari sekumpulan contoh fakta spesifik menuju kesimpulan umum. Penalaran ini menggunakan premis dari objek yang diuji untuk menghasilkan kesimpulan tentang objek yang belum diuji.

PENGGUNAAN
Berikut merupakan contoh penggunaannya :

 

Hasil kesimpulan dari contoh diatas tidak berlaku mutlak untuk setiap orang. Artinya kesimpulan hanya berlaku lokal. Sebagai contoh kesimpulan bahwa matahari terbit di timur berlaku untuk seluruh Indonesia tetapi tidak tepat untuk penduduk yang bermukim di Kutub Utara.

KESIMPULAN
Penalaran Induktif mengambil kesimpulan dari contoh‐contoh yang spesifik dimana kesimpulannya belum tentu benar atau mutlak.

Sumber :
- Wikipedia 
- Blog 
- Google

0 komentar: