Membuat Tabel Database Dengan XAMPP

Selamat pagi sahabat blogger sekalian, dipagi yang mendung ini semoga kita semua masih tetap semangat menjalani aktivitas ya guys. Okeee dari pada galau liat cuaca dan inget mantan mending kita belajar bagaimana cara membuat database menggunakan MySQL yang ada di XAMPP. So langsung aja disimak yaa.


Sebelum membuat tabel databasenya, siapkan dulu alat dan bahannya. Disini saya menggunakan XAMPP win 32 versi 5.6.3 dan command prompt (cmd). Jika sudah siap mari kita mulai membuat tabel database meggunakan XAMPP. 


- Langkah 1 

Buka software XAMPP yang sudah terinstall lalu klik “start” pada modul Apache dan MySQL seperti gambar diatas. Jika sudah running buka command prompt (ctrl + r dan ketikan cmd lalu enter) seperti gambar dibawah. 


- Langkah 2 

Jika sudah keluar command prompt, ketikan perintah diatas untuk menjalankan mysql. Jika mysql sudah berjalan pada cmd selanjutnya ketikan perintah dibawah ini. 


- Langkah 3 

Langkah diatas adalah langkah membuat tabel di dalam database kelompok yang kita buat, dimana tabel tersebut bernama “kelas” dan “nama”. Jika sudah maka akan tercetak tabel tersebut seperti gambar diatas. 


- Langkah 4 

Jika sudah membuat tabel, maka saatnya kita membuat isi tabel (record). Ketikan perintah diatas untuk menginputkan data sebanyak yang kita inginkan kedalam tabel yag kita buat tadi. Disini sebagai contoh adalah kelompok kami berjumlah 6 orang. 


- Langkah 5 

Setelah selesai menginputkan data kedalam tabel tersebut, maka ketikan perintah diatas untuk menampilkan isi dari masing – masing tabel. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar diatas. 


- Langkah 6 

Langkah terakhir adalah menggabungkan 2 tabel tersebut agar meminimalisasikan tampilan. Ketikan perintah diatas hingga menghasilkan seperti gambar diatas maka membuat tabel database menggunakan XAMPP telah selesai.

Okee guys cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat yaa. Dan bagi yang mau software XAMPPnya bisa download di SINI

Sumber :
- Tugas Struktur Organisasi Data

0 komentar: