5 Makanan Berbahaya

Hallo selamat sore guys, kembali lagi nih mau ngeposting hal yang berkaitan dengan  kesehatan. So yang pnasaran silahkan di baca dan di ambil hikmahnya ya.


Manusia memiliki komposisi makanan yang paling rumit dan bervariasi dibandingkan makhluk lainnya di planet ini, akibatnya sistem pencernaan kita menjadi terbiasa mencerna berbagai jenis makanan yang mungkin seharusnya tak baik bagi tubuh kita. Kita biasanya akan memakan berbagai makanan yang berbau sedap dan lezat tanpa peduli apakah makanan tersebut berbahaya bagi kita atau tidak, bahkan tanpa disadari makanan tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh kita. Inilah 5 makanan berbahaya yang sering kita konsumsi.

1. NASI


Nasi memiliki banyak manfaat, terutama nasi merah, namun nasi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak karena mengandung arsenic dalam jumlah yang tinggi dan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Semangkuk nasi seperti pada gambar diatas tidaklah berbahaya, namun jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah besar maka akan berbahaya, karena kandungan zat arsenic yang tinggi seringkali dikaitkan dengan pemicu penyakit kanker.

Arsenic merupakan elemen yang ditemukan di alam dan pada produk buatan manusia termasuk pestisida. Arsenik level rendah ditemukan di tanah, air dan udara. Unsur ini diambil oleh tanaman saat mereka tumbuh, dari sinilah awal mula jalan masuk arsenik ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi.

Arsenic dapat terkandung dalam sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan makanan laut. Menurut FDA, beras merupakan bahan makanan yang mengandung tingkat arsenik paling tinggi, lalu disusul sayuran.

2. CABAI


Banyak orang menyukai sedikit rasa pedas di makanan mereka, sehingga mereka tidak dapat makan jika tak ada cabai. Namun apakah Anda tahu, bahwa capsaicin adalah sebuah racun. Capsaicin dapat mengakibatkan rasa terbakar, inflamasi, iritasi kulit, sakit perut dan kematian walaupun hal ini jarang. 

Capsaicin adalah zat kimia yang menimbulkan rasa pedas yang ada dalam tumbuh-tumbuhan. Zat tersebut merupakan zat nonpolar, tidak bisa dicampur air, persis seperti minyak. Jadi jika terasa pedas tidak akan sembuh dengan meminum air karena kapsaisin tidak larut, bahkan dengan air kapsaisin bisa merata di dalam rongga mulut.Cara terbaik menghilangkan pedas adalah dengan lemak atau minyak.

3. KENTANG


Kentang seringkali digunakan sebagai pengganti nasi sebagai, dan kentang baik untuk tubuh kita. Namun, ketika kita membiarkan kentang terlalu lama dan sudah mulai bertunas, sebaiknya kita tidak lagi mengkonsumsi kentang tersebut. Kentang yang sudah mulai bertunas mengandung glycoalkaloid yang beracun. Tak hanya itu, daun dan juga akar dari kentang juga beracun bagi tubuh manusia.

Glycoalkaloid adalah zat yang mengandung alkaloid dan gula dan menyebabkan kegugupan ekstrem serta perut mules.

4. ROTI


Banyak roti mengandung potassium bromat yang berbahaya karena merupakan zat karsinogen. Jika bromat berubah menjadi bromida, hal ini tidak berbahaya. Namun jika mereka tidak mengalami senyawa dan tetap sebagai bromat, hal ini tidak baik dan berbahaya karena dapat memicu terjadinya tumor/kanker.Zat karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, sehingga dapat mengganggu proses-proses biologis.

5. UHT/ Susu Pasteurisasi


Susu tidaklah beracun, namun protein susu yang disebut casein yang sudah berubah bentuk mengakibatkan terbentuknya lendir di paru-paru dan usus sehingga sulit untuk dicerna tubuh dan mengakibatkan alergi, asma, gangguan kulit dan penyakit lainnya.

Casein adalah protein dalam susu yang sudah diolah dengan suhu yang tinggi yang dapat berubah bentuk, dan tak dapat dicerna oleh tubuh.

Kesimpulan :
So sahabt bloggers ternyata gak semua yang kita tahu dan makan sehari - hari itu sehat yaa jika di konsumsi secara berlebihan. Dan bukan hanya makanan saya rasa, segala hal yang berlebihan juga tidaklah baik. Keep positif keep spirit and see you next time guys.

Sumber :

0 komentar: