HACKER dan CRACKER

Selamat siang guys, udah seminggu ga ngeposting karena kerjaan numpuk semoga ga disarngin laba - laba ini blog. Hahaha. Okee kali ini saya akan memposting tentang HACKER dan CRACKER sekaligus meluruskan pandangan sahabat sekalian tentang keduanya. 



Mendengar kata Hacker dan Cracker pasti banyak diantara kita yang langsung menilai negative terutama orang awam yang tidak benar - benar mengerti dunia IT. Maka dari itu sebelum menilai dan mengambil kesimpulan mari kita pahami pengertian - pengertian berikut ini.



Hacker


Dalam bahasa indonesia hacker adalah peretas dimana memiliki arti sebagai orang atau sekelompok yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. 



Hacker dibagi menjadi 2 bagian, yaitu : 



a. White Hat 
Adalah peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem. 

b. Black Hat 
Adalah peretas yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut dengan mengambil keuntungan untuk kepentingan pribadi.



Cracker 

Merupakan seseorang yang masuk secara illegal ke dalam sistem komputer demi mencapai tujuan tertentu yang bersifat destruktif (merusak). Cracker mempunyai proses yang sama seperti hacker tetapi motivasi dan tujuannya sangat berbeda. Cracker adalah hacker yang merusak , oleh sebab itu istilah hacker menjadi buruk di masyarakat.

Perbedaan Hacker dan Cracker : 


Hacker :

1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs.

2. Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. 
3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan. 
4. Seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi. 



Cracker : 

1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan.
2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak. 
3. Mempunyai website atau channel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya. 

4. Mempunyai IP address yang tidak bisa dilacak. 


Dari kedua penjelasan di atas, maka kita bisa menarik kesimpulan :

Hacker dan Cracker sama - sama melakukan aktivitas penyusupan terhadap jaringan, keduanya berusaha untuk mendapatkan akses terhadap semua user di dalam jaringan tersebut. Namun yang harus diluruskan adalah tidak semua hacker merupakan cybercrime dilihat dari kategori white hat atau black hat. Dari postingan ini saya harap kalian mengerti bahwa yang merupakan pelaku cybercrime adalah black hat hacker dan bisa disebut juga cracker. Semua itu tak luput dari nilai kebaikan pribadi dimana jika kita memang berniat jahat maka kita akan menjadi cracker sedangkan sebaliknya.

Sumber :

- http://id.wikipedia.org/wiki/Peretas
- http://areaperbedaan.blogspot.com/2014/10/perbedaan-hacker-dan-cracker.html
- https://roniamardi.wordpress.com/definisi-hacker-cracker/

0 komentar: