HTTP dan HTTPS

Holla sahabat blogger, semoga sehat selalu ya dimusim penghujan dan badai ini. Hahahaha. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan HTTP dengan HTTPS. Postingan ini mungkin sudah cukup umum yaa, tapi saya harap dapat berguna sebagai bahan materi kalian.




Sebagai pengguna internet, kita seringkali menjumpai tulisan http dan https pada url browser komputer kita. Namun masih banyak orang yang belum mengerti perbedaannya. Berikut penjelasannya :

     1.    HTTP (Hypertext Transfer Protokol)
Merupakan protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web) dimana fungsinya mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

HTTP menggunakan port default dengan angka 80, dimana sisi client meminta sisi server untuk membuka komunikasi (meminta port agar dibuka) sehingga port acak dari sisi client pun dapat masuk.

     2.    HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)
Secara fungsi tidak ada perbedaan yang signifikan, namun dari keamanan lebih baik HTTPS dibandingkan HTTP. Protokol HTTPS dilapisi oleh SSL/TLS (Secured Socket Layer/Transport Layer Secutiry) sebagai langkah pengamanan dan berfungsi untuk melakukan autentikasi website sehingga anda dapat mengetahui bawah website tersebut akan melakukan enkripsi data.

Jika HTTP menggunakan port 80, HTTPS menggunakan port default dengan angka 443.



Kesimpulan :
Pada postingan kali ini jelas terlihat perbedaan HTTP dengan HTTPS hanya dari segi keamanan dan portnya saja. HTTP lebih rentan karena tidak mengenskripsi data saat mengakses internet yang dapat menimbulkan cybercrime.
Contohnya pada saat memasukan alamat email dan password akan mudah terdeteksi oleh hacker.


Namun pada HTTPS data yang akan diakses di internet akan terenskripsi sehingga bukan merupakan sebuah tulisan alphabetic lagi melainkan kode – kode enskripsi.

Sumber :

1 komentar: